Minggu, 20 Maret 2011

 Minggu, Maret 20, 2011         2 comments

Setiap praktikum farmaseutika atau yang berhubungan dengan seni meracik obat, aku selalu diingatkan dengan kenangan manis beberapa waktu lampau….
Waktu masih berseragam putih-biru SMF dulu, menjadi kebiasaan menggerus lumpang untuk meracik sediaan. Setiap minggu 3 kali praktikum resep, sekali praktikum kimia dan farmakognosi….
Jadi ingin menceritakan mereka yang “jago” di lab….

Amelia herlina, nona ini kalo membuat sediaan ligat abis. Pernah aku bertanya,
“ zatnya nggak ditimbang mel?”.
“ Ditimbanglah uni.” Protesnya.
Salut buat amel yang senantiasa selesai paling cepat, 4 resep untuk 2 jam…ckckckc… !!!
Sekarang beliau hang out dari dunia kefarmasian, setelah bekerja setahun di apotek dan ikut bimbel intensif akhirnya melabuhkan diri ke FKIP Jurusan Kimia Universitas Bengkulu.
Aku sempat protes juga dengan keputusannya waktu itu…
“ kan sayang mel…”
Tapi tampaknya beliau istiqomah dengan ikhtiarnya.
Berita mengejutkan akhirnya datang.
Amel terpilih menjadi Duta Propinsi Bengkulu…
Keliling Indonesia untuk mengenalkan seni dan budaya Bengkulu…. ( kalo urusan ini irinya hati minta ampunnn…).
Pernah suatu kali (masa lampau sekali…) amel SMS sesuatu yang diakhir SMS itu ada kata “ ganbatte kudasai!”,
Saking polosnya aku cari arti kata itu dalam kamus inggris-indonesia, tapi nggak ketemu…( ya iyalah…!! Wong itu bahasa jepang).
Amel jipon holic, cita-citanya ingin menempuh negeri sakura dan para ninja itu.
Yups… ganbatte amel…!!
Moga berhasil dirimu selalu.

Gina Lestari…. Sebelum ujian teori maupun praktikum, ukhtyi satu ini hobi cuap-cuap dulu. Daya hafalnya tinggi, orangnya tekun, gigih, pantang menyerah, tidak sombong, rela berbagi, pandai memasak, gemar mencuci, hobi menjahit..( lengkaplah sudah kebohonganku… hehehe!)
Dari Bengkulu Selatan ia merantau ke Kota Bengkulu… Sebuah perjuangan yang besar bagi gadis belia yang baru lulus SMP.
Persis lengket dalam memoriku bagaimana gina berjuang untuk menutup rapi auratnya ketika kami kelas 2.
Awalnya cuma iseng ikut BASIF (Bina Akidah Siswa Islam Farmasi), kalo di SMA namanya ROHIS!.
Dengan telaten mbak-mbak mentor menyugukan siraman ilmu agama.
Tidak ada paksaan, tidak ada instruksi, tidak ada salah menyalahkan….
Gina memutuskan berjilbab rapi…!!!
Selepas SMF, gina memutuskan merantau lebih jauh lagi…
Jakarta…!!!
Konon katanya gemerlap.
Tapi tekadnya tetap bulat bagai telur.
Mendaftar dan diterima di Fakultas MIPA Jurusan Farmasi Universitas HAMKA.
Jadi ingat dulu,
Ketika dia tahu aku dan amel gagal SPMB dan Ujian Masuk kelas mandiri di farmasi Unand,
Beberapa hari sebelum pendaftaran UHAMKA tutup gina sms,
“ yona daftarlah di HAMKA, sini aku urus! Kirimkan aja ijazah. Kamu nggak usah Tes udah di terima.”
Aku jawab…
“ na mau negeri gin, kalo swasta MAHAL. Na jg gak mau sekolah di Jakrta. Maunya cm padang. Biarlh tnggu thun depan. Kan bisa krja dl. Kenapa sih, gina takut kali na gak kuliah tahun ini?.”
Gina balas lagi…
“ aku kan peduli sm kalian. Mana senang hatiQ liat kwn aku ndak jd lanjut kul. Fikirkan lg yo!.”
Jadi terharu…
Bahkan untuk masa depan orang lain masih beliau fikirkan…
Sekarang Gina udah mau jadi sarjana. Only one semester again!.
Pernah aku ajak wisuda bareng aja.
Dengan sewot dia bilang..
“ Ngggaaaakkkkkk…..!!! nunggu kamu lama!.”
Hihihihi…..
Kita punya jalan masing-masing gin!
Ingat selalu pesan na ya!
“ jemo manna harus jadi orang sukses!”

Yupita Dewi. Nambe wahid foreve……
Dari kelas satu sampai kelas tiga
dari kami sekelas sampai pisah kelas
yupi tetap mendulang prestasi terbaik… entah kimia, ilmu resep, UUK, farmakologi, farmakognosi, tetap menyambanginya dengan nilai nyaris sempurna.
Suatu kali kepsek menasihati kami,
“ kenapa sih kalian nggak ada yang bisa menandingi yupita, makan sama-sama nasi, waktu sama 24 jam, diajar oleh guru yang sama…. Belajarlah lagi yang rajin!.”
Ya nggak papa lah buk, kita kan ngalah sama yupi….. hehe….!!!
Kenangan yang kuingat,
Yupi pernah ngasih hadiah sandal pas aku milad
Makasih pi….. sekarang sandalnya dah putus, milad besok beliin lagi yah!!! (maksud??)
yupi sosok yang melankolis, mudah terharu, mudah meneteskan air mata…. (nggak papa pi, nangis itu menyehatkan!)
sekarang…
Yupi telah jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Tempat kerjanya jauh, sejam perjalanan…
Kerja menggunakan motor dan mengendarainya sendiri
Kemarin terakhir ketemu, beliau kecelakaan karena menghindari anjing yang menyeberang sembarangan di jalan raya……
Sabar ya pi…!!!!
Pesan na…
Jadilah pegawai yang berbudi pekerti luhur!.
Melayani masyarakat dengan sepenuh hati….

Candra saputra…
“yona, liat jas lab aku, bersihkan?, rapi dan putih!!!.”
Satu saja sebenarnya yang aku ingat dari seorang candra
Beliau selalu pamer dengan ke‘kinclong’an jas labornya.
Kami yang praktikum seminggu lima kali acap tak memerhatikan kebersihan jas lab.
Setelah praktikum jas lab langsung dimasukkan ke tas, tak peduli dilipat atau tidak
Alhasil
Keesokan harinya jas lab kusut masai…
Belum lagi jika jas itu tertumpah senyawa kimia ketika praktikum kimia…
Peduli amat!!!
Mau warnanya berubah kuning, merah, ungu, coklat….
Kadang ada juga yang jas labnya dicuci setahun sekali…
Hehehe… mungkinkah itu aku?
“ emang kayak mana bisa jas lab kamu bersih terus?, kita kan praktikum tiap hari?...” tanyaku suatu ketika.
“ abis praktikum, sorenya atau maghrib aku cuci, paginya disetrika…”
OOOOoooooo….. aku ber-O panjang
Bukan hanya jas lab…
Sepatu, baju, kaos kaki, senantiasa terlihat bersih…
Candra sekarang kuliah di UHAMKA juga, sama kayak gina!!!... tapi angkatan 08….
Jangan putus asa can….!
Senatiasa hadirkan yang terbaik!....

Baru 4 ya!
Banyak lagi sebenarnya yang terkenang….
Tapi, lain waktu moga bisa dibagi….

Oh ya…
Satu orang lagi!!!
Satu orang…
Bukan siswa seperti kami
Tapi
Guru tercinta yang telah mengajar kami ilmu resep waktu kelas 3!
Ingat sekali, waktu itu bu noprin mengajarkan beberapa materi tablet dan obat suntik ( sediaan steril).
Semester kemarin aku mengambil mata kuliah steril
Yang teringat kala praktikum adalah beliau
“ oh ini dulu kan yang di ajar bu noprin…. Ini juga…ini juga…” fikirku
Tapi…
Beberapa hari setelah aku ujian praktikum steril…
Aku dapat info dari adik
Ada guru SMF yang meninggal…
Sedih sekali rasanya…
Ibu Noprin meninggal karena sakit…

Bu..
Semoga bahagia kiranya disana…
Ilmu yang ibu beri pada kami
Moga jadi amal jariyah….
Dan…
Terima kasih atas segala kenangan indah kita…
(2¬¬¬nd floor, wisma muthi’ah: 190311)

2 komentar:

  1. lhoo??
    teman uni ada yang kuliah di UHAMKA juga ya?
    jadi ingat saya juga punya kenalan di Farmasi UHAMKA, waktu itu ketemu pas sama-sama magang di BPOM (tapi saya magang iseng, kalo mereka magang buat bikin skripsi).
    trus ceritanya uni mana?
    kok cuman cerita teman-teman uni aja?

    BalasHapus
  2. teman saya kuliah di UHAMKA banyak mas.
    magang di BPOM kok iseng?....
    disini kan saya menceritakan orang-orang yang jago di lab waktu kami sekolah dulu....
    nah saya....
    bukan termasuk yang jago itu.....

    BalasHapus

About Me

Foto saya
Padang - Bengkulu
Hii, my name is yona//25 yo// Pharmacist// Teacher// Love writing, reading, traveling, and culinary// English learner.

Popular Posts

Categories

TAMU