Jumat, 18 Oktober 2013

 Jumat, Oktober 18, 2013      No comments
I wanna share  to you..
molecular pharmacology experts will come.. ^_^
From Indonesia..
West sumatera
Andalas University...
From Phamacy department
(Dreamers said/Yona)

Sekitar 2 minggu lalu, diadakan seminar nasional mengenai Pelayanan Kefarmasian dan Herbal Medicine di Universitas Andalas, bekerja sama dengan IAI Sumbar.. Penelitian saya di bidang farmakologi kemarin, alhamdulillah bisa masuk dalam rangkaian seminar tersebut...
Meskipun saya di bilang pembimbing "tidak PD" dengan penelitian sendiri, tapi ini adalah  langkah awal bagi saya untuk bersemangat meneliti di level selanjutnya... ^_^

Hari itu, saya takjub sekali melihat para pemateri utama... So cool...  Smart.. dan kebanyakan masih berusia muda... salah satunya Prof Zullies Ikawati dari UGM.. beliau menerangkan tentang bagaimana suatu substansi bisa masuk ke dalam sel... sangat molekuler  banget pokoknya.. dan saya begitu menikmati..
saya bilang ke pembimbing saya, " buk, saya mau kayak ibu itu.... so amazing ya buk..!". Pembimbing saya langsung jawab, " Ya.. harus!, kamu harus berusaha lebih keras... itu memang saintifik sekali.. Farmakologi banget!"
Menjadi ahli di satu bidang itu lebih berarti daripada pegang banyak hal tapi kerja setengah-setengah, Iya khan?

Prof Zullies sedang menerangkan tentang mekanisme imunologis tubuh 

Alhamdulillah sekali, untuk mengikuti seminar nasional ini, saya di kasih kompensasi oleh dosen pembimbing tugas akhir sarjana saya... Mahal banget soalnya, kalau pakai uang sendiri lumayan juga, sepertiga uang jajan satu bulan ^_^.  Pembimbing saya kasih saya diskon seratus persen (alias dibayari..). Dari sini, saya dapat pelajaran.. bahwa jika kita sungguh-sungguh mengerjakan sesuatu, orang lain pasti lihat kesungguhan kita itu..  Jika kita ikhlas, tak akan ada yang sia-sia. Jika kita tidak mampu, Allah akan kasih kita kesempatan melalui tangan (bantuan) orang lain.. Totalitas..!! Ya...
Pembimbing saya sering sekali bilang.... sangat sering sekali bahkan!
"Kalau kamu bisa perfect, kenapa puas sama yang setengah-setengah!"
"Jangan tiru kerja orang yang tidak benar, kamu harus berbeda... kamu harus faham betul apa yang kamu kerjakan dan mengapa kamu kerjakan ini.."
"Segalanya ini, akan berguna bagi kamu nanti, ketika kamu melanjutkan ke level selanjutnya.. kamu akan mengerti banyak hal..."

Yah... dan sekarang saya merindukan suasana itu..
suasana ketika saya diceramahi karena pekerjaan yang tidak beres.. yang tidak sempurna
Suatu kali pembimbing saya memberikan pendapatnya tentang saya (2 kali beliau katakan pada saya hal yang sama) ..
" Yona, kamu pintar!, saya tahu benar itu... tapi kenapa kamu sangat-sangat, sangat-sangat tidak teliti!!!, ada 2 hal saja kemungkinannya, pertama kau memang lupa, kedua kamu malas!.. dan saya menganggap kamu yang kedua, kamu malas...!!!" banyak tanda serunya kan..  ^_^

Tapi entah mengapa saya malah bahagia ketika pembimbing saya jujur seperti itu.. ^_^
Saya malas, menurut beliau..
menurut saya?? Saya tidak malas... saya sudah rajin, saya datang terus ke labor hampir setiap hari.. saya buka banyak jurnal sampai larut malam sekali yang bahasa inggris pula (bikin mata 5 watt!! berkunang-kunang)... kadang saya juga kurang tidur.. kadang kelelahan sekali...
Tapi, itukan pemikiran saya... karena baru sampai disitu saya berfikir.. karena yang saya lihat  ya.. kerja saya saja...
Tapi menurut beliau, itu belum cukup... saya harusnya bisa lebih.. saya harusnya cermat dan teliti.. hasil saya seharusnya lebih baik.. karena pembimbing saya tahu.. (mungkin sangat tahu) bahwa saya bisa lebih dari itu.. kerja saya yang ini belum maksimal.. seharusnya lebih baik lagi... karena bisa!
Yah.. saya menikmati, semua pelajaran yang beliau ajarkan..
Saya mencoba untuk lebih serius lagi dengan berbagai hal yang saya hadapi..
Saya merasa beruntung sekali..

Balik ke Seminar lagi, Yak!
Selama seminar, banyak sekali kudapan enak.. ^_^
saya kasih fotonya sajalah..


Nah, di seminar ini juga menjadi ajang reuni bagi bapak-ibu dosen.. bersua dengan teman lama sewaktu mahasiswa... Ada yang lagi foto bareng.. bercengrama, tertawa ria.. mungkin sampai larut dalam cerita masa lalu yang ceria.. mungkinkah bisa diulang?.. (Hmm)


Selain seminar nasional, ada juga workshop farmasi klinis.. kami membahas  sebuah kasus yang terjadi di Rumah Sakit dan penyelesaiannya dalam penggunaan obat.. Mengenai interaksi obat, efek samping, ketepatan dosis, ketepatan indikasi, mekanisme kerja obat.. dan banyak lagi..
Foto dibawah ini adalah bapak-ibu apoteker yang mumpuni di bidang Farmakoterapi dan Farmasi Rumah Sakit

bu suharti , pak yufri aldi, Prof surya darma, pak hansen, bu ayu


bu suhatri sedang memimpin diskusi

Ibu G dari Solok selatan.. diberi obat ini,, ini... ini..ini.. ini.. dan ini.. dosisnya segini.. rekam mediknya menunjukkan HB segini.. tekanan darah segini, gula darah segini, kolesterol, crcl segini.. apa masalah obat ibu ini  yang paling tepat.. kenapa dikasih obat ini?... masalah ini.. ini.. ini seharusnya seperti ini.. ini diginikan.. ^_^ (well, it's so complicated right?.)

Nah, begitulah rangkaian acara seminar kemarin.
Saya dapat banyak pelajaran dan sangat menikmati..
Menjadi lebih baik itu penting..
karena siapa lagi yang bakal di nanti negeri ini
kalau bukan kita...??



0 comments:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Padang - Bengkulu
Hii, my name is yona//25 yo// Pharmacist// Teacher// Love writing, reading, traveling, and culinary// English learner.

Popular Posts

Categories

TAMU