Sabtu, 21 Maret 2015

 Sabtu, Maret 21, 2015         No comments

"Buk, kita pakai LCD?."
Hampir begitu tanyamu setiap kelas kita mulai..
Gus, kau adalah satu-satunya murid lelaki yang bergerak untuk apapun, entah itu LCD atau mengatur temperatur AC. Wajarlah, kau ketua kelas, Gus!.
Waktu itu aku tidak menunjukmu menjadi MC, Gus!. Aku memilihmu menjadi penyaji pertama di kelompokmu. Karena kau sangat tak banyak bicara... "Jadilah lelaki yang pandai bicara di depan orang lain.. Kalian yang akan mengantikan pemimpin negeri nanti. Caranya cuma belajar, belajar bicara dari sekarang!." Pesanku begitu.
Bagiku, kau anak yang pintar dan cepat tangkap. Pada ujian kemarin, hanya 2 orang laki-laki di kelasmu yang tidak remedial, salah satunya engkau, gus!, kau dapat nilai 80.

*
Gus, waktu itu aku melihatmu mengendarai motor tanpa helm di jalan raya.. Aku sudah wanti-wanti!, wanti-wanti sekali.." kalian jangan dulu bawa kendaraan!, kalian di bawah umur.. ! kembalikanlah motor kalian pada orang tua." pesanku pada kalian seraya bercanda. Ingatkan!. 
"Orang tua kami tidak mau mengantar, buk!' jawab kalian riuh.
Seragam kalian terlalu mudah untuk aku kenali saat kalian sok hebat ngebut ria mendahului lawan bahkan menerobos lampu merah.

**
"Ya Bagas, coba jawab!"
"Bagus bukkk. Bagas di kelas D!" protes teman-temanmu.
Aku beri tahu sebuah rahasia, aku tidak mudah mengingat nama orang. Jika aku bisa ingat, aku bahkan sangat mudah melupakannya. 
Kecuali hari ini, gus!
Aku akan sangat ingat namamu, dan tak bisa lupa lagi..
Pertemuan kita pada sistem peredaran darah, ingat tidak?
Jantung kita berdetak sekitar 100.000 kali perhari. "Aku bertanya, apakah jantung kalian mengeluh capek?.."
"Tidakkkk..." jawab kalian.
"Tidak capek, MasyaAllah.... Apakah kalian bisa mengatur jantung kalian?."
" Tidakkkk..." jawab kalian lagi
"Lalu, kalau ternyata jantung kalian mau berhenti nanti malam, atau minggu depan, atau bulan depan.. kalian bisa protes..?"
semua kalian beristigfar.. 
Karenanya aku selalu bertanya "Apakah kalian sholat subuh, tadi pagi?"
Sebagian tidak sholat..
"Padahal kalian tidak bisa menyelamatkan diri jika jantung minta berhenti, Kok berani tidak sholat sih?"..

***
Seminggu lalu, hari selasa, kita bicara tentang syaraf..
waktu yang di perlukan impuls untuk sampai ke otak 1 per 1000 detik.. terang temanmu.
"1 dibagi 1000 detik seberapa cepatnya itu?, coba kalian fikir!" kataku
Sungguh Tuhan kita Maha Cerdasnya..
Ya gus.. sangat cepat..
Bahkan kehadiran kita di dunia ini, tanpa kita sadari juga berjalan sangat cepat..
Selamat Jalan, Bagus.. Di jalanmu yang telah di tentukanNya.
Jika kelas kita mulai lagi, 
Siapa yang mau berinisiatif menghidupkan AC.

"Buk..." kau menjulurkan tangan, minta salam
nyatanya itu salam terakhirmu..
aku tak tahu, benar-benar tak menyadarinya.
Semoga Allah yang Maha Pemurah..
Maha Pengasih, Pengampun, dan Penyayang..
Memberikan tempat terbaik untukmu
yang dekat denganNya..
(Aamiin...)






0 comments:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Padang - Bengkulu
Hii, my name is yona//25 yo// Pharmacist// Teacher// Love writing, reading, traveling, and culinary// English learner.

Popular Posts

Categories

TAMU