Sabtu, 09 Mei 2015

 Sabtu, Mei 09, 2015         No comments

Minggu ini entah mengapa anak-anak di kelas membuat "hal" yang luar biasa.
Mulai dari kelas kotor di jam belajar, duduk-duduk di lantai bercengkrama-cengkrami tak sadar gurunya telah datang, sampai pada menguap-uap di kelas berkali-kali saat pelajaran berlangsung. Lalu sampailah puncaknya, dari 10 kelompok hanya 3 saja yang membawa makalah lengkap mereka. Padahal kita  sudah janjian 2 minggu sebelumnya.

Aku keluar kelas setelah masuk sekitar 15 menit saja. Memberi nilai pada yang membawa tugas lengkap. Anak "nakal" itu mengikutiku dan meminta jangan marah pada mereka..
Aku jawab, 
"kenapa  harus marah, aku tidak marah... aku hanya tidak ingin mengajar anak yang memang tidak ingin belajar, tampaknya kalian memang sedang tidak ingin belajar!"
lalu mereka membujuk dan minta maaf,
aku bilang,
"adalah hak setiap siswa untuk mengerjakan tugas atau tidak, adalah hak guru untuk memberi nilai atau tidak pada siswanya."
sekali lagi aku bilang,
"santai saja, saya tidak marah.. nilai kalian tetap ada tapi tentu sesuai dengan apa yang kalian kerjakan"

Minggu lalu kepada anak yang tidak membawa buku latihan aku suruh pergi kantin, belajar atau makanlah di kantin, mau ke musalah juga boleh mau tiduran atau sembahyang sunat.
dan aku tidak marah..

hanya saja, kita sudah berjanji untuk tunduk pada aturan..
kita harus menghargai aturan itu sebagai bentuk penghargaan kita pada diri kita sendiri.
aku seperti tidak ikhlas, jika...
seorang anak hanya takut nilai mereka kecil pada mata pelajaran sekolah
tapi kehilangan "nilai" yang seharusnya mereka bawa pada dunia yang buas ini.


0 comments:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Padang - Bengkulu
Hii, my name is yona//25 yo// Pharmacist// Teacher// Love writing, reading, traveling, and culinary// English learner.

Popular Posts

Categories

TAMU