Sabtu, 08 Januari 2011

 Sabtu, Januari 08, 2011         No comments

Ilmu laksana mata air yang tak penah berhenti mengalir, laksana tepian tempat menyeka dahaga, laksana benteng tempat melindungi diri. Ilmu pengantar kebahagian, gerbang kebangkitan, jendela pengharapan. Imam Hasan al-Bashri bernah berkata, “ Orang yang beramal tetapi tidak disertai dengan ilmu pengetahuan tentang itu, bagaikan orang yang melangkahkan kaki tetapi tidak meniti jalan yang benar. Orang yang melakukan sesuatu tetapi tidak memiliki pengetahuan tentang sesuatu itu, maka dia akan membuat kerusakan yang lebih banyak daripada perbaikan yang dilakukan. Carilah ilmu selama ia tidak mengganggu ibadah yang engkau lakukan. Dan beribadahlah selama ibadah itu tidak mengganggu pencarian ilmu pengetahuan. karena ada sebagian kaum muslimin yang melakukan ibadah, tetapi mereka meninggalkan ilmu pengetahuan, sehingga mereka keluar dengan pedang untuk membunuh umat Muhammad SAW. Kalau mereka mau mencari ilmu pengetahuan, niscaya  mereka tidak akan melakukan seperti apa yang mereka lakukan itu”.
Sesungguhnya ilmu pengetahuan lebih didahulukan atas amal perbuatan, Rasulullah Muhammad Saw diturunkan kedunia pun untuk menerangi dunia dengan ilmu.  Karena ilmu pengetahuan yang dapat membedakan antara haq dan bathil, antara sunnah dan bid’ah, antara halal dan haram, antara perbuatan yang terpuji dan zina.
Kita semua adalah pembelajar. Sadar ataupun tidak, dari dalam kandungan ibu, kita sudah dibekali “insting” untuk merasakan kenyamanan dan  kehangatan. Kita tahu  dekapan hangat ibu berbeda dengan dekapan orang lain.
Setelah sedikit besar, giliran ayah yang mengajar kita melangkahkan kaki. Memapah tubuh agar seimbang dan tidak rubuh. Begitu menikmati pembelajaran itu dan kini kita telah pandai berlari.
Ayah menyuruh berlari mencari dunia sendiri, gali ilmu yang membekali, amal yang menyelamatkan. Ibu menasihati agar jiwa senantiasa terbasuh, ruh jangan sampai kumuh, dan nafsu tak selalu  memburu.
Maka, melesatlah wahai Sang Pembelajar!!!  Karena kau pengembara sejati, perjalananmu takkan terhenti sampai israil menyambutmu di hari kesudahan nanti. Allah mengangkatmu beberapa derajat dibanding yang lain. Tahukah kau, bahwa para malaikat turun mendoakan para penuntut ilmu dengan melebarkan sayap-sayapnya, bersama-sama mengelilingi sampai mereka mencapai langit pertama. Itu karena cintanya malaikat kepada sang penuntut ilmu
Pernah suatu malam, Rasulullah Saw datang ke masjid. Beliau melihat iblis berdiri di depan pintu. Beliau lantas menegurnya, “ hai iblis, apa yang kamu perbuat?”. Iblis menjawab, “ Ya Rasulullah, aku hendak masuk ke masjid untuk menggoda orang yang sedang salat itu, tapi aku takut karena di dekatnya ada orang tidur”. Nabi Saw bertanya, “ mengapa kamu tidak takut kepada orang yang sedang salat, padahal ia sedang berdialog dengan Tuhannya? Mengapa justru takut kepada orang yang sedang tidur, bukankah ia tengah dalam keadaan lalai?”. Iblis menjawab, “ Ya… Rasulullah, orang yang salat itu orang bodoh, sehingga mudah bagiku untuk mengganggunya. Tetapi orang yang sedang tidur itu orang berilmu. Kalaupun aku berhasil merusak  salat orang bodoh itu, orang berilmu itu akan terbangun. Niscaya ia akan membetulkan salat orang yang bodoh itu.” Rasulullahpun bersabda, “ Tidur orang alim itu lebih baik daripada tidurnya orang bodoh.”
Nah… dalam urusan tidur saja orang berilmu lebih baik, apalagi dalam urusan yang lebih besar.  
Jika lautan itu jadi tinta dan ranting-ranting di muka bumi ini jadi penanya, maka takkan cukup menuliskan ilmu Tuhanmu. Sesungguhnya Dia telah mempersiapkanmu untuk urusan penting sekiranya engkau memahami. Oleh karena itu, angkatlah dirimu tinggi-tinggi, jangan sampai engkau disamakan  dengan peliharaan yang bisa ditelantarkan.
Jadi… Selamat menikmati sajian ilmu, amalkan ia niscaya engkau akan bahagia…(wallahualam bissawab)

0 comments:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Padang - Bengkulu
Hii, my name is yona//25 yo// Pharmacist// Teacher// Love writing, reading, traveling, and culinary// English learner.

Popular Posts

Categories

Blog Archive

TAMU