Selasa, 19 Februari 2013

 Selasa, Februari 19, 2013         No comments

Seperti biasa, hari itu adalah jadwal saya mengaji. Saya datang lebih awal dari teman-teman. Menunggu 30 menit barulah seorang teman saya datang. Ketika kami sedang khusuk bermuroja'ah hafalan, datanglah seorang ibu dengan membawa kantung kain di tangan... Aku meneliti ibu itu cermat, beliau pengemis di pertigaan lampu merah tepat di depan masjid tampat saya mengaji...

Salah satu kaki si ibu pengemis terlihat lebih kecil daripada kakinya yang satu lagi..
begitu juga tangan si ibu,, salah satu tampak lebih kecil.
" Lelah saya mengemis, saya istirahat di sini sebentar ya Nak,," Begitu kira-kira kata si ibu.. Karena si ibu menggunakan bahasa minang dengan cepat, saya jadi sukar menerjemahkannya..
kami semua mengangguk..
"Ini bu, roti.." tawar teman saya membagi sebungkus besar roti pada si ibu..
" Terimakasih Nak.." Ucap ibu pengemis bahagia..
selanjutnya si ibu pengemis tertidur dan kami meneruskan hafalan...


Saya sering mencoba, mengukur rasa syukur yang saya punya...
tapi tetap saja... rasa kufur nikmat itu kadang tiba..
rasa egois
rasa ingin punya segala hal
rasa belum merasa cukup
rasa iri atas kepemilikan orang lain

Jika Allah takdirkan saya sebagai pengemis, apakah sanggup saya menerima keterbatasan seperti itu?
Jika Allah takdirkan saya sebagai pengemis, apakah teman-teman saya sekarang masih mau menjadi teman saya?
Jika Allah takdirkan saya sebagai pengemis, apakah semua orang akan menganggap saya lebih hina dari mereka?

"Jika saya seringkali kehilangan Syukur
saya ucapkan terimakasih padamu duhai Ibu..
Telah mengingatkan saya kembali padanya" 

###
Pada matakulah ada kebutaan itu
tidak tahu
bukan... tepatnya tidak mau tahu!
Pada hatikulah letaknya kekesaran itu..
yang menghitam
yang menggelap
yang sukar di tembus cahaya..
Di depan muka seolah tak tampak...
Kesalahan lain di cari-cari

0 comments:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Padang - Bengkulu
Hii, my name is yona//25 yo// Pharmacist// Teacher// Love writing, reading, traveling, and culinary// English learner.

Popular Posts

Categories

TAMU